• Breaking News

    Konjen RI Karachi Inisiasi Kerja Sama Sektor IT

     Konjen RI Karachi Inisiasi Kerja Sama Sektor IT



    Dalam rangka Diplomasi Ekonomi pada sektor prioritas, Konjen RI Karachi, Dr. June Kuncoro Hadiningrat telah mengadakan Webinar dan B-to-B Meeting Indonesia Pakistan “IT Update: The Development, and Challenges”, tanggal 8 – 9 November 2021.

    Webinar dimoderatori Prof. Dr. M. Tufail Jokhio, Pro Vice Chancellor, NED University of Engineering & Technology, serta menghadirkan serta menghadirkan 4 (empat) pembicara, yaitu: Mr Osmar Nasir, Managing Director PSEB, Bp. Soegiharto Santoso, Ketua APTIKNAS, Mr. Badar Khushnood, Chairman P@sha, dan Bp. Wildan Toyib, anggota ASPILUKI.

    Webinar telah memberikan gambaran perkembangan bisnis dan tantangan Sektor IT Indonesia dan Pakistan serta memberikan informasi peluang dan mekanisme peningkatan kerja sama bilateral ke depan, antara lain: Sektor ICT di Indonesia memiliki pasar mencapai US$69.1 miliar (setara Rp.981,2 triliun); Pakistan merupakan negara terbesar ke-3 di dunia untuk sub-sector IT freelancing; Indonesia dan Pakistan IT Sector masih belum terkoneksi dengan baik, sehingga perlu inisiasi serta dukungan nyata dari semua pemangku kepentingan.

    B-to-B meeting, telah mengagendakan sebanyak 49 pertemuan yang melibatkan 14 perusahaan IT Indonesia dan Pakistan.

    Webinar dan B-to-B Meeting IT Update ini mendapatkan apresiasi positif dari kalangan pengusaha, pemerintah dan pemangku kepentingan terkait sebagai salah satu inisiastif baru yang dapat mendorong diplomasi ekonomi kedua negara yang lebih sustainable (berkelanjutan). 

    Beberapa catatan Webinar dan B-to-B meeting yang dapat menjadi perhatian bersama, adalah: Inisiasi dan penjajakan kerja sama di sektor IT ini perlu segera dilakukan dan didukung oleh semua pihak, termasuk G-to-G; Adanya usulan membentuk working group antar asosiasi sektor IT untuk mengembangkan dan mengimplementasikan area kerja sama prioritas; Pola kerja sama IT sector yang kolaboratif dapat menjadi salah satu upaya mengatasi isu trade deficit/gap dalam peningkatan hubungan kerja sama Indonesia – Pakistan.

    #IndonesianWay #IniDiplomasi #RintisKemajuan #KemluRI #KJRIKarachi #SahabatKemlu #IndonesiaPakistanPortal #Indonesia #Pakistan


    sumber: 

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728