• Breaking News

    Edukasi Teknologi Robotik Hadir dalam Bentuk Ekskul Sekolah

    Edukasi Teknologi Robotik Hadir dalam Bentuk Ekskul Sekolah

     
    Image
    Ilustrasi - Robot | AKURAT.CO/Ryan
    AKURAT.CO  Dunia robotik masih cukup menarik perhatian khalayak publik. Inovasi dan teknologi terbaru selalu hadir dalam robot yang semakin mirip manusia. Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas), Ir Soegiharto Santoso, kurikulum teknologi robotik perlu diterapkan di semua jenjang sekolah untuk menopang revolusi industri 4.0 di Indonesia.
    "Penguasaan terhadap teknologi robotik dan imajinasi yang luas, generasi kita akan mampu menjadi inventor atau penemu berbagai produk teknologi mutakhir khususnya dunia robotik," katanya pada Talkshow dengan tema 'STEM dalam menyiapkan generasi emas Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0' di Jakarta, Kamis (15/11).
    Di hadapan sekitar 500 kepala sekolah se-DKI Jakarta, Soegiharto mengatakan, era robotik akan semakin berkembang dan mengambilalih berbagai pekerjaan yang sudah ada, tetapi juga akan memunculkan profesi baru.
    Baca Juga:
    "Jangan khawatir dengan teknologi robotik karena akan memunculkan profesi baru seperti ahli robotik, operator robotik dan industri komponen robot serta perekayasa robot. Indonesia perlu menyiapkan SDM nya," katanya.
    Teknologi robotik Indonesia, lanjutnya, masih tertinggal. Tetapi, sejumlah pelajar dan mahasiswa sudah mampu meraih juara kontes robot internasional. Ini menandakan generasi muda Indonesia cukup cerdas.
    Jully Tjindrawan, MBA sebagai Pendiri Yayasan Pendidikan Robotik Indonesia menyampaikan, sosialisasi Program Ekstrakurikuler Robotik itu bertujuan agar sekolah-sekolah SD di Provinsi DKI Jakarta memasukkan edukasi teknologi robotik dalam kegiatan ekskulnya.
    Adanya MoU antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Yayasan Pendidikan Robotik Indonesia yang bersinergi untuk mendukung kegiatan edukasi teknologi robotik agar generasi penerus bangsa dapat terus berkarya dan berperan dalam pembaharuan teknologi robotik dunia.
    "DKI Jakarta sudah menetapkan muatan lokal untuk bidang science dan sejumlah sekolah sudah membuat eskul tentang robotik dan ini dapat dijadikan contoh oleh provinsi lainnya," katanya.
    Menurut dia, pihaknya sudah banyak mendatangkan berbagai jenis robot ke Indonesia sehingga menjadi bahan pelajaran untuk eskul robotik. "Banyak yang protes karena saya mendatangkan banyak jenis robot, tetapi saya ingin semua siswa mengenal dunia robotik secara luas," katanya.
    sumber: https://akurat.co/iptek/id-392465-read-edukasi-teknologi-robotik-hadir-dalam-bentuk-ekskul-sekolah

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728