• Breaking News

    Industri RETAIL harus gunakan Digital


    Kegiatan Internet Retailing Expo selesai sudah. Dan seperti pada tahun-tahun sebelumnya, IRX selalu memberikan makna berarti bagi para pemain Retail Indonesia, dan ini sejalan dengan tema yang diangkat "Transforming Indonesia Retail Landscape".

    Dalam kesempatan diskusi awal sebelum acara dimulai, kami melihat para peserta yang mengambil booth mulai beragam. Tidak hanya pelaku bidang retail, tapi juga ekosistem pendukungnya.

    Dan kami sangat bersyukur, sebagai APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha TIK Nasional) bisa mendukung APRINDO (Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia), bersama dengan APPBI (Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia) dan asosiasi lainnya. Memang tren penggunaan teknologi dan digital tidak bisa dihindari lagi dalam dunia retail Indonesia.

    Menggunakan teknologi dan digital, inilah kalimat kunci dan jurus yang harus digunakan dunia retail Indonesia. Beragam teknologi telah digunakan hampir secara merata di seluruh aspek retail Indonesia. Kita memang memiliki pasar yang besar, tapi pasar ini pelan-pelan mulai beralih dan menyesuaikan diri. Pusat perbelanjaan juga harus menyikapi dengan cermat, dan menambah fokus lain agar tetap bisa menjaga trafik datang ke mal yang ada.

    Jumlah pusat perbelanjaan yang besar di seluruh Indonesia, juga memberikan tantangan tersendiri. Mereka harus memutar otak, agar tempat mereka menjadi pusat perhatian, orang mau datang. Oleh karena itu, tidak heran, sekarang ini pusat perbelanjaan melengkapi dirinya dengan tempat kuliner (food court), entertainment (hiburan) selain fokusnya.

    Tidak bisa dipungkiri juga, dunia retail harus menggunakan berbagai layanan digital untuk tetap bertahan. Bertemu dengan para peserta yang berasal dari beragam industri retail, mereka semua telah beberapa tahun ini mempersiapkan diri. Mereka sekarang memiliki divisi, atau perusahaan e-commerce. Perusahaan / divisi ini yang berfokus memikirkan strategi dan berjualan online. Kehadiran mereka kita bisa lihat di beberapa marketplace yang besar di Indonesia saat ini.


    Bergandengan tangan , berkolaborasi, itulah yang sedang kita semua lakukan. Industri retail yang notabene adalah 'pedagang'nya, membutuhkan tempat (pusat belanja), tapi semuanya harus melek teknologi dan digital. Itulah gunakan IRX 2018 hadir, memberikan pencerahan untuk semua.

    Dan yang menarik, memang tidak semua 'raksasa' marketplace Indonesia hadir disini, tapi strategi dan pencerahan yang diberikan tetap memberikan makna. Rencana Peraturan Menteri Perdagangan terkait perdagangan online akan segera rampung dan dipublikasikan, dan ini memberikan harapan baru bagi dunia retail Indonesia. Semoga dengan adanya Permen ini semua akan menjadi lebih tertata.


    Itu juga harapan kami, para pemain retail komputer Indonesia. Dengan permen baru nanti kita akan lebih diatur. Tidak semua orang bisa menjual seenaknya, dan menghancurkan harga retail yang telah ada. Selain itu, tetap selalu ingat, ada harga, ada kualitas. Tentu kita harapkan industri retail Indonesia tetap bisa tumbuh, termasuk industri retail komputer dimana selama ini anggota APTIKNAS berada.

    Sampai jumpa di IRX tahun depan. Salam sukses.

    Sumber:
    https://www.linkedin.com/pulse/industri-retail-harus-gunakan-digital-fanky-christian/?published=t

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728