• Breaking News

    Rack dan Power Distribution Unit di Data Center Smart City

      Kembali EVENTCERDAS dan APTIKNAS melakukan kegiatan edukasi seputar solusi Smart City, khususnya infrastruktur IT di smart city. Kali ini dengan dukungan dari LEGRAND Indonesia, kegiatan webinar Smart City Solutions mengangkat pembahasan terkait Rack dan Power Distribution Unit. 

    Smart City yang dikembangkan oleh berbagai pemerintah daerah dalam lima tahun belakangan ini sangat beragam. Apapun pengembangan smart city yang ada, pastinya semua akan menggunakan satu tempat yang disebut dengan data center, atau ruang server. 

    Hal ini disampaikan oleh Fanky Christian yang menjadi moderator, sekaligus ketua APTIKNAS DKI Jakarta dan juga pendiri dan pengelola portal smartcityindo.com. Dimana Kota Cerdas atau Smart City yang ada dikembangkan selama ini pastinya menggunakan infrastruktur terpusat di data center. 

    Komponen Kota Cerdas - Koleksi Pribadi 

     Komponen kota cerdas dimana ada sistem digital kota yang banyak dikembangkan pemerintah daerah kabupaten kota saat ini. Memang dalam beberapa tahun ada moratorium pembangunan data center terkait rencana pemerintah untuk membangun juga Pusat Data Nasional, namun dalam prakteknya sekarang ini banyak dipasang solusi Smart Rack yang merupakan rak pintar dan umum disebut juga sebagai Edge Data Center.  Dan minimal spesifikasi ini disampaikan oleh Fanky Christian.

    Minimal DC Smart City - Koleksi Pribadi

    Bahkan sekarang ini sudah ada standar pengukuran baru yang disebut dengan CRUR (Computer Room Utilization Ratio) yang dikeluarkan oleh EPI , dimana standar ini akan membantu pengukuran ratio utilisasi ruang server, data center yang telah ada. Dan saat ini DCM Solusi ditunjuk menjadi mitra untuk Indonesia.

    CRUR metric utilisasi data center - Koleksi Pribadi

    LEGRAND Indonesia yang memiliki banyak solusi dan pengalaman data center di Indonesia membagikan pengalamannya dengan menghadirkan pembicara Bizardy Ilham, CDCP. Pembahasan difokuskan kepada solusi Rack dan Power Distribution Unit (PDU) yang digunakan dalam rak. 

    Pengalaman Legrand yang mendunia - Koleksi Pribadi

    Salah satu solusi yang sering ditawarkan adalah Rack dan Power Distribution Unit. Rak sendiri menjadi faktor utama saat ini, karena sekarang ini semua perangkat telah mengikuti standar penempatan dalam rak. Di dalam rak sendiri juga ada outlet listrik yang disebut dengan Power Distribution Unit (PDU). Bedanya PDU sekarang telah dilengkapi dengan sistem monitoring dan kontrol, sehingga dapat diketahui penggunaan daya listrik, bahkan fungsi untuk mematikan atau menyalakan outlet listrik.

    Tantangan utama Data center - Koleksi Pribadi

    Hal ini disampaikan oleh Bizardy, atau akrab dikenal dengan Pak Bi, dimana ada 4 tantangan utama data center saat ini, yaitu Efisiensi, Ketersediaan , Skalabilitas dan terakhir Keamanan. Semua ini bisa dijawab dengan solusi Rack dan PDU dari LEGRAND. 

    Lihat secara lengkap pembahasannya dalam video terkait kegiatan tersebut dibawah ini.

    Jangan lupa ikuti terus kelanjutan kegiatan berbagai solusi smart city, serta secara khusus membahas berbagai update terkait Data Center, daftar di EventCerdas.com dan APTIKNAS.id . 

    Saya ucapkan Selamat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2022, Mohon Maaf Lahir dan Batin. 

    sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/626c9c43ef62f601480d2472/rack-dan-power-distribution-unit-di-smart-city-data-center




    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728