• Breaking News

    Hitung Overall Equipment Effectiveness - Smart Manufacturing

     Kami memulai debut berbagai seminar smart manufacturing dari tahun 2018, ini dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mengupayakan Industry 4.0. Dan kami membungkus rangkaian seminar itu dalam Smart 4.0 yang kami lakukan di 2018-2019. 

    Salah satu yang sering kali disampaikan para pembicara adalah mengenai Overall Equipment Effectiveness , atau OEE. Apa sih sebenarnya OEE itu ?

    OEE merupakan  “alat ukur” untuk mengetahui sedekat apa proses produksi Anda dengan proses yang sempurna. Proses yang sempurna adalah proses yang hanya menghasilkan output yang baik, dalam waktu secepat mungkin, tanpa ada down time. OEE adalah matriks yang sangat baik untuk mendapatkan patokan perkembangan dalam memperbaiki produktifitas manufaktur.

    Overall Equipment Effectiveness ini adalah matriks yang mengidentifikasi presentase waktu produktif dari keseluruhan waktu yang digunakan untuk menyelesaikan aktifitas produksi. Nilai OEE yang mencapai 100% artinya produksi berjalan dengan sempurna dan produktifitasnya maksimum. Artinya, lini produksi hanya menghasilkan produk yang 100% baik, dalam waktu yang sangat cepat sesuai alokasinya, tanpa ada down time.

    Wah, bagaimana cara menghitungnya ?

    Pertama, AVAILABILITY, atau ketersediaan. waktu produksi sebenarnya, dibandingkan dengan waktu produksi yang direncanakan. Jika nilai Availability 100%, artinya proses selalu berjalan dalam waktu yang sesuai dengan waktu produksi yang telah direncanakan (tidak pernah ada down time).

    Kedua, PERFORMANCE, atau performansi, artinya performa proses, apakah mampu memaksimalkan percepatan produksi. Jika nilai Performance 100%, maka proses telah berjalan dengan kecepatan maksimal (secara teoretis, berdasarkan Ideal Cycle Time dan Total Pieces).

    Ketiga, QUALITY, berkaitan dengan defect dan scrap. Nilai 100% untuk Quality artinya produksi tidak menghasilkan produk cacat sama sekali.


    Oke, bagaimana caranya kita bisa mendapatkan data-data itu ? Nah disinilah teknologi berperan, selain bisa juga gunakan cara manual. 

    OEE = (GOOD PIECES X IDEAL CYCLE TIME) / PLANNED PRODUCTION TIME


    Lalu dengan tambahan 2 data lagi, runtime dan total pieces, kita bisa menghitung tiga hal tadi diatas.

    AVAILABILITY = RUN TIME / PLANNED PRODUCTION TIME

    PERFORMANCE = (IDEAL CYCLE TIME X TOTAL PIECES) / RUN TIME

    QUALITY = GOOD PIECES / TOTAL PIECES


    Nah, setelah mendapatkan nilainya secara manual, barulah kita perlu teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu kita. Itu banyak caranya, dan teknologinya. Ikuti pembahasannya nanti secara detail di acara webinar 4 Feb 2021 bersama Advantech, daftar segera di EVENTCERDAS.COM. 



    Kami tunggu ya, segera daftar di https://s.id/eventcerdas4feb

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728