• Breaking News

    Transformasi Robotic Menuju Revolusi Industri 4.0


    OTOMASI- Puri Robotic memaparkan robot service dalam rangka transformasi robotic menuju Revolusi Industri 4.0.FOTO:IST
    INDOPOS.CO.ID – PT Pusat Robot Indonesia/Puri Robotic mengadakan pemaparan robot service dalam rangka transformasi robotic menuju Revolusi Industri 4.0. Ini sebagai langkah awal dalam usaha ikut berperan serta dalam pengembangan dan pembangunan di bidang teknologi automasi sejalan dengan Revolusi Industri 4.0.
    Dimulai dengan menghadirkan Robot Service Artificial Intelligent, dengan Teknologi Jepang. Selanjutnya dilakukan alih teknologi oleh anak-anak bangsa Indonesia tercinta. Acara ini dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara S.Stat. MBA.”Dunia robotic berkembang luar biasa, namun saya melihat aktivitas robotik di Indonesia belum terorganisasi dan terstruktur. Yang menjadi permasalahan bukan pada teknologinya namun sumber daya manusia dan talenta. Sejalan dengan fokus pemerintah di tahun 2019 yaitu pengembangan sumber daya manusia, SDM menjadi semakin penting terutama pengembangan keterampilan di bidang teknologi. Sekali lagi ayo kita dorong robotic di Indonesia,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara S.Stat. MBA di Jakarta, (15/12/2018)
    Sementara Ketua Umum Aptiknas Soegiharto Santoso alias Hoky yang juga menjabat sebagai Presiden Komisaris Pusat Robot Indonesia mengatakan, Revolusi 4.0 atau era industri 4.0 yang dimulai dengan perkembangan dunia teknologi digital, baik secara software maupun hardware. ”Tentunya termasuk teknologi microchip processor telah mengubah banyak konsep kehidupan dan perusahaan: disruption, sehingga mengubah perilaku manusia dalam bersosialisasi dan beraktifitas shifting,” ujarnya.
    Potensi pasar perubahan ini sangatlah besar. Tetapi untuk ikut serta dalam arus perubahan tidaklah mudah. ”Mengingat lompatan perubahan begitu cepat dan telah terjadi sebelum kita menyadarinya, untuk itu kita harus mengubah mindset dengan cara selalu berusaha melakukan inovasi di berbagai bidang, khususnya dibidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK/ ICT) termasuk di dalamnya hi-tech digital dan juga robotic yang terus berkembang dengan sangat pesat,” ucapnya.
    Dikatakan, kehadiran PT Pusat Robot Indonesia/ Puri Robotic, dalam konteks ini sangatlah tepat. Selain fokus pada bisnis distribusi robot dan Iayanan robot yang akan terus berkembang serta berinovasi, juga akan dapat memanfaatkan perkembangan Internet of Things (IoT) dan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI).
    Hoky juga menyampaikan  untuk dapat memaksimalkan kehadiran puri robotic diperlukan kerjasama berbagai pihak stakeholder baik melalui asosiasi, kerjasama Iintas lembaga, kerjasama pemerintah, swasta serta dunia pendidikan, sebab dengan demikian akan memberi dampak besar dalam pembangunan menuju Indonesia era industri 4.0, diharapkan masyarakat luas bisa siap dan urun dalam mengkokohkan Indonesia di persaingan internasional dengan cara terus meningkatkan sumber daya manusia di indonesia” pungkasnya.
    Puri Robotics/ Pusat Robot Indonesia Sendiri hadir sebagai salah satu capaian dari kinerja prestasi yang telah di tunjukan selama lebih dari 14 tahun dari seorang Jully Tjindrawan, MBA. Sosok yang digelari lbu Robot bagi semua anak, melalui kiprahnya di Yayasan Pendidikan Robotika Indonesia Robotic Explorer pada ekstra dan intra kurikuler di sekolah-sekolah, kompetisi-kompetisi robotik serta rencana Pembukaan World of Robotic Explorer.
    Untuk mematangkan semua rencana Jully Tjindrawan telah menjalin berbagai kerjas ama dengan pelaku usaha terkait, seperti: Pemda DKI Jakarta, Axioo, Radana, ABB Robot Arms, MyRobot Time (Shenzen), Robotron (Korea), Robot Solutioner (BHI), CSJBOT (Japan-China), serta mendapat dukungan dari berbagai pihak, seperti: UKP Ideologi Pancasila (BPIP), Kemenkominfo, Kemendikbud. Pusat Robot Indonesia sendiri di landaskan pada kekuatan kinerja serta jejaring yang dimiliki para shareholdernya, The Magnificent 7ownership.
    Kesemuanya itu akan menghadirkan dan berkarya memberi kontribusi ke dunia kehidupan nyata langsung di masyarakat melalui bentuk-bentuk robot servis. Melalui tim kerja yang dikomandani oleh Direktur Operasional Ir. Glenn Gani Taufik, ISP, diharapkan kontribusi Pusat Robot Indonesia bisa menunjukan kinerjanya dalam berperan membangun dibidang Teknologi Otomasi, khususnya Robotik Humanoid Servis.
    robot-robot yang diperkwnalkan dalam acara ini adalah:  Robot Snow, robot yang terlihat seperti karakter kartun yang lucu, tetapi dia dilengkapi dengan perangkat keras yang serius untuk mendukungnya. Dibangun secara strategis sebagai robot promosi, layar Android 13,3 inci-nya menampilkan spektrum kemampuannya. Fitur-fiturnya meliputi pengenalan wajah, periklanan, perekaman video, foto, menari, dan navigasi yang akurat melalui platform SLAM Tech. Robot inibanyak digunakan dalam bidang bisnis retail/hospitality, promotional activities, education & entertainment.
    Robot Amy Services, dengan tinggi 1.55 m. Amy menyediakan layanan tanpa batas sebagai robot kantor dan pengiriman. Dia dapat membawa barang hingga berat 10kg di nampannya, dan dilengkapi dengan SLAM Tech, membuat navigasi menjadi mudah. Sempurna untuk kantor, restoran, pameran, supermarket/mall dan pengaturan promosi. Amy adalah robot yang akan atraktif berada di antara kerumunan.
    Robot Amyplus, dengan layar sentuh 23,8 inci, robot humanoid inovatif ini akan memandu Anda ke tujuan yang Anda inginkan tanpa meninggalkan Anda. fitur-fitur termasuk mengubah ucapan pembukaan dan sapaannya, logo perusahaan, basis data pengetahuan profesional, SLAM Tech buiIt-in untuk navigasi yang mudah, dan OS Ganda untuk Linux dan Android. Jadi apakah Anda membutuhkan panduan, agen periklanan, resepsionis, atau penghibur, Amy + 2.0 akan menjadi pendukung yang sempurna untuk tim Anda.
    Robot Alice dan Alice Pro dirancang untuk memberikan Iayanan pelanggan yang terbaik, Alice adalah robot Iayanan profesional multifungsi yang akan membantu dan memandu di saat Anda bertemu dengannya. Dia adalah wanita yang ramah dan cerdas, yang dapat berinteraksi dengan Anda, menjamu tamu, menjawab pertanyaan, dan menyediakan navigasi. Alice juga dapat mengidentifikasi emosi Anda berdasarkan ekspresi Anda, gerakan tubuh, suara dan kata-kata yang Anda gunakan dan akan memilih cara yang paling tepat untuk menanggapi Anda. Dia dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah, radar untuk hambatan keamanan tingkat tinggi, fungsi pemrosesan data, dan platform layanan dengan opsi pembayaran dan pencetakan, menjadikannya solusi sempurna untuk kebutuhan bisnis Anda. Dengan Alice ini, Anda tidak akan tersesat di Wonderland.(mdo)

    SUMBER: https://indopos.co.id/read/2018/12/16/158977/transformasi-robotic-menuju-revolusi-industri-40

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728