• Breaking News

    Smart Retail & Smart Logistics Perkuat Iklim e-Commerce Nasional






    Teknopreneur.com—Jika melihat pertumbuhan e-Commerce yang selalu meningkat di setiap tahunnya, e2e Commerce Indonesia memperkenalkan smart retail & logistic sebagai segmen yang sedang tren saat ini.
    Smart retail & logistics berfokus pada teknologi otomatisasi, manufaktur, pengembangan tenaga kerja, serta integrasi ritel yang mumpuni. Indonesia yang saat ini merupakan wilayah yang cukup menjanjikan untuk bisnis, rupanya cukup kuat untuk menarik niat investor. Hal itu dikarenakan, jumlah volume belanja online Indonesia telah mencapai $4,89 miliar.
    Secara keseluruhan angka tersebut menunjukan adanya peningkatan permintaan untuk efisiensi logistik dan fasilitas pembayaran. Sehingga perusahaan lokal yang mampu memenuhi kebutuhan pasar adalah “unit” ideal untuk mengembangkan industri digital di era 4.0.
    General Manager SingEx Exhibitions Adrian Sng menjelaskan, usaha bersama yang bersumber dari publik dan sektor swasta adalah bagian penting untuk menciptakan industri dinamis dan berkembang. Khusus di sektor e-Commerce, Indonesia telah menciptakan banyak manfaat ekonomi yang cukup signifikan, namun juga memunculkan kerumitan akan kendala teknis seputar pengiriman barang.
    “Kami melihat ini sebagai peluang yang bagus untuk menciptakan segmen acara baru dengan menyediakan platform khusus untuk ekosistem e-Commerce” kata Adrian, melalui siaran Pers pada pembukaan e2e e-Commerce Indonesia, Jakarta Balai Kartni, Rabu (17/10/2018).
    Menurutnya perkembangan e-Commerce dan logistik tidak hanya memudahkan akses menjangkau pasar, melainkan bagaimana praktek industri global dapat menyentuh pasar lokal di wilayah Asia. Untuk itu e2e e-Commerce Indonesia memperkenalkan banyak startup baru di sektor e-Commerce dan logistik.
    Head of Modern Trade & e-Commerce Makarizo, Echo Sembiring menilai, Indonesia kini merupakan pasar dinamis. Melalui penetrasi internet dan penggunaan smartphone yang tinggi, memungkin pengguna dapat dengan mudah memprediksi demand pasar.
    “Bayangkan apabila kita bisa mengetahui apa yang aka dibeli oleh konsumen, mengetahui pola pembelian mereka, […] e2e e-Commerce memainkan peran penting untuk mendapat tren terbaru mengenai smart retail” terang Sembiring.
    Di lain pihak, salah satu pengagas Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) Soegiharto Santoso memaparkan, pihaknya mendukung atas upaya peningkatan ekonomi di sektor e-Commerce. Baginya ini akan berdampak positif untuk para pekerja yang beranggapan tenaga manusia tak dipergunakan lagi untuk masa mendatang, justru dengan memahami smart retail & smart logistics hal tersebut tak perlu ditakutkan.
    “Ini akan berdampak positif, dan kita perlu bangga untuk iklim e-Commerce Indonesia saat ini” ucapnya. (Wes)

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728